Rumah Coklat di Trenggalek

Bagi Anda para penggemar coklat, ada satu destinasi wisata edukasi serba coklat di Kabupaten Trenggalek. Di tempat ini pengunjung bisa melihat dan belajar tentang aneka jenis tanaman kakao atau coklat serta menikmati aneka makanan dan minuman yang serba berbahan coklat. Penasaran dengan destinasi wisata baru di Trenggalek ini, yuk kita intip Rumah Coklat Trenggalek.

Wisata edukasi Rumah Coklat Trenggalek berada di jalan raya Karangan - Dongko, Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Meskipun diresmikan masih awal bulan Februari lalu namun destinasi wisata ini sudah menarik pengunjung dari berbagai daerah. Salah satu suguhan wisatanya adalah kebun mini kakao. Pengunjung dapat melihat secara langsung budidaya berbagai jenis tanaman kakao. Selain itu, pengunjung juga bisa bersantai di Gazebo sambil menikmati aneka makanan maupun minuman yang semuanya terbuat dari coklat. Nah salah satu yang diminati pengunjung adalah sate buah coklat. Anda dapat melumuri sendiri sate buah di bawah air mancur coklat.

Tidak hanya itu, setiap pengunjung juga bisa menghias sendiri aneka coklat yang ditawarkan dengan toping yang menarik. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan di Rumah Coklat Trenggalek ini cukup banyak dan harganya cukup murah. Di sini ada beberapa menu utama aneka olahan coklat yang ditawarkan kepada pengunjung, diantaranya Bakmi Coklat, Pentol Coklat, Donat Lumer Coklat, Pizza Coklat serta olahan-olahan minuman berbahan coklat seperti Coklat Original dan Coklat 3 in 1. Di hari tertentu, pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung proses pengolahan biji kakao menjadi bubuk coklat maupun pasta coklat.

Seluruh produk olahan coklat ini berasal dari para petani kakao yang ada di Kabupaten Trenggalek. Pengembangan Kakao di Trenggalek telah dimulai sejak 25 tahun yang lalu. Saat ini Trenggalek diperkirakan memiliki lahan tanaman kakao yang tersebar di beberapa kecamatan hingga mencapai lebih dari 4000 hektar dengan estimasi hasil panen setiap tahunnya mencapai 289 ton.

Berdirinya Rumah Coklat Trenggalek ini memang dimaksudkan untuk memberikan contoh dan edukasi kepada para petani khususnya di Kabupaten Trenggalek dan anak-anak sekolah mengenai budidaya kakao yang benar. Rumah Coklat Trenggalek juga sekaligus sebagai wadah bagi para petani kakao Trenggalek untuk menjual hasil produksinya agar terhindar dari permainan harga para tengkulak.

Untuk dapat menikmati olahan-olahan coklat di sini, berapa kocek yang perlu dikeluarkan? Nah, untuk yang satu ini Anda tidak perlu khawatir, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni mulai Rp. 4.000 sampai Rp. 40.000, cukup terjangkau bukan.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berwisata—bersantai-santi ditemani angin semilir di bawah pohon Kakao sambil menikmati olahan makanan dan minuman khas Rumah Coklat Trenggalek? Selamat mencoba.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Asik Dengerin Musik? Cuma di Langit Musik!

POP ICE Milkshake Favorit Gue

Milkshake Favorit Gue